adbrite

Kamis, 30 Juni 2011

Pengalaman Masa Lalu Anda

Sewaktu kecil, saya mempunyai pengalaman yang sangat mengerikan. Pada usia enam tahun, saya mengangu anjing saya sedang makan, akibatnya anjing itu mengigit dan mengakibatkan delapan jahitan di kaki saya. Sejak saat itu setiap bertemu anjing, saya langsung menggangap mereka ganas dan jahat. Bahkan jika bertemu di jalan, saya berusaha menghindari dan mencari jalan lain. 

Keyakinan, tidak lain adalah hal-hal yang pernah terjadi pada masa lalu yang menjadi pengalaman, baik maupun buruk, dan diyakini masih berlaku sampai saat ini. Inilah salah satu contoh keyakinan, ia akan tertanam di dalam pikiran Anda dan bisa mengubah diri Anda dengan kekuatan. Pernahkan Anda bertanya, mengapa keyboard di mesin tik dan komputer disusun sedemikian rupa sehingga tidak berurutan? Sebagian besar orang menjawab,”Hal itu dilakukan untuk menambah kecepatan mengetik.” Model itu dikenal dengan model QWERTY (perhatikan susunan huruf paling atas keyboard Anda). 

Model ini dianggap sebagai model paling efisien dan telah dipakai selama lebih dari 120 tahun, tidak ada yang mempermasalahkannya hingga hari ini. Padahal, model ini merupakan model yang ternyata dinilai paling tidak efisien. Banyak model pengetikan lain terbukti dapat meningkatkan kecepatan mengetik secara signifikan, Dvorak Simplified Keyboard misalnya. 
 
Sesungguhnya, model QWERTY ini sengaja disusun untuk memperlambat kecepatan mengetik pada zamanketika mesin ketik itu berupa mesin yang sangat besar dan bergerak sangat lambat. Jika terlalu cepat dikhawatirkan akan menyebabkan mesin besar dan lambat tersebut macet. Pertanyaanya, mengapa model mengetik yang terbukti tidak efisien ini bertahan dalam jangka waktu yang sangat lama? Pada tahun 1882, semua orang mengetik dengan menggunakan metode “cari dan ketik” empat jari. Pada saat itu, ada seorang wanita yang mengajukan model QWERTY sebagai model yang dikatakannya merupakan model pengetikan tercepat dengan menggunakan delapan jar. Setelah itu, ia menyewa seorang tukang ketik profesional yang dimintanya menghafal model ini, dan kemudian menantang beberapa gurumengetik lainnya. Hasilnya, wanita ini memenangkan semua lomba kecepatan mengetik dengan model QWERTY-nya. Sejak saat itulah, model ini meluas dan menjadi model standar yang dipakai di seluruh dunia. Tanpa ada yang mempermasalahkannya sama sekali.

Inilah salah satu contoh mudah yang kita hadapi sehari-hari. Periksalah keyakinan-keyakinan Anda selama ini dan putuskanlah apa keyakinan itu memberdayakan Anda atau justru sebaliknya, mengerdilkan Anda. Oleh karena ternyata, begitu banyak angapan-angapan dalam hidup kita justrumengerdilkan potensi diri kita. Jangan-jangan, anggapan-anggapan tentang “siapa diri kita”, “apa yang sanggup kita lakukan”, “kemampuan apa saja yang kita miliki”, dan lain sebagainya adalah angapan-angapan yang sangat tidak memberdayakan hidup kita. Memiliki anggapan-anggapan negatif dan keliru ini dalam hidup kita bagaikan memakan racun arsenik demi sedikit. Kita memang tidak langsung mati karena dosis yang sedikit ini memang tidak membuat kita langsung mati. Akan tetapi, dosis yang sedikit ini lambat laun akan besar dan akhirnya akan menjadi dosis yang mematikan. Lambat laun kita akan mati secara emosional dan menjadi tidak berdaya. Oleh karena itu, sudah seharusnya kita menghindari mengonsumsi anggapan-anggapan keliru dalam hidup karena apa pun anggapan yang masuk ke dalam otak kita, akan secara otomatis diproses dan disahkan oeh otak kita menjadi suatu keyakinan.

F L A T W L A C


Tidak ada komentar:

Posting Komentar