adbrite

Minggu, 29 Mei 2011

Konfusius

Konfusius menjadi bagian penting dari kesadaran nasional masyarakat China dan manjadi bagian dari kesadaran nasional masyarakat China.Seorang China mungkin memeluk Agama Buddha, Tao, Kristen, atau Islam, tetapi pada saat yang sama, dia tidak pernah berhenti menjadi seorang Konfusianis.

Konfusius bukanlah nama sebenarnya, itu adalah sebuah title atas kebaikannya, latinisasi dari “Kong Fuzi” yang berarti “Tuan Kong”

Seorang Guru Teladan

“Jika saya menjelaskan satu sudut dari suatu topic, saya mengharapkan dia dapat memahami ketiga sudut lainya sendiri. Jika dia tidak dapat melakukannya, saya akan menyuruhnya pergi.”

Dia memberitahu murid-muridnya,

“Yang paling mulia adalah orang yang lahir dengan kebijaksanaan. Berikutnya orang yang menjadi bijaksana melalui belajar. Berikutnya adalah mereka yang baru mau belajar setelah mengalami kesulitan hidup. Yang paling buruk adalah mereka yang tidak mau mencoba untuk belajar.”

“Kamu harus belajar seakan-akan kamu akan dapat menguasai apa yang telah kamu pelajari, dan memegangnya seakan-akan kamu takut kehilangannya.” Tetapi “belajar tanpa berpikir adalah usaha yang sia-sia; dan berpikir tanpa belajar adalah berbahaya”.

Sumber : Buku kisah-kisah kebijaksanaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar